toko-bunga-di-jakarta

Mengawali usaha sesudah bekerja sebagai karyawan sepanjang 14 th. di perusahaan asing, Maya Indraswari (40) berhasil menggerakkan usaha toko bunga jakarta. Berbekal rekanan dari pekerjaan terlebih dulu, di th. 2010 Maya membulatkan tekad untuk meniti toko bunga bernama Stella Florist di daerah Tebet, Jakarta.

Pengalaman bekerja di sebagian perusahaan asing, kontan punya pengaruh pada pembangunan mental serta ciri-ciri Maya. Ia juga dapat mempunyai banyak rekanan baik dari internal ataupun lintas perusahaan. Bekal berikut yang memberikan keyakinan maya untuk serius bangun bisnisnya sendiri.

Sebelumnya berhasil usaha toko bunga dengan brand Stella Florist, Maya telah berkali-kali bangun usaha, tetapi akhirnya kandas di berencana jalan. Pada akhirnya, berdasar pada belajar dari pengalaman serta kegagalan terlebih dulu, Maya juga mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja. Maya memantapkan dianya untuk mengawali usaha dengan cara full time.

“Memulai usaha toko bunga atau rangkaian bunga, saya mulai dengan cara tanpa ada berniat. Jalan Tuhan mempertemukan saya dengan seseorang perangkai bunga handal yang juga menginginkan mengawali usaha ini. ” ungkap Maya. Banyak pesaing usaha rangkaian bunga, bikin Maya mesti bebrapa pandai bikin kiat. Hal semacam ini ia kerjakan supaya bisa memberi “first impression” pada calon customer. Lantaran pada awal mengawali usaha, Maya mengakui cuma mempunyai modal terbatas. Jadi, jalan keluarnya yaitu lakukan promosi dengan cara kreatif serta tidak sama dengan pebisnis florist yang telah eksis.

Awal mulanya, Maya mengakui cuma tawarkan usaha rangkaian bunga kepunyaannya pada rekan serta rekanan lama waktu bekerja. Tetapi, makin lama konsumennya juga terasa senang serta promosi dari mulut ke mulut juga jalan. Lantaran nyatanya usaha rangkaian bunga yaitu usaha yang menarik serta dapat disebut tak ada habisnya. Rangkaian bunga diperlukan di tiap-tiap event utama untuk seorang, dari mulai kelahiran sampai kematian.

Ke depan, Maya menginginkan meningkatkan sayap bisnisnya dengan tawarkan paket kemitraan untuk beberapa calon atau pelaku usaha yang menginginkan menggerakkan usaha toko bunga atau rangkaian bunga. Perkembangan tehnologi, memberikan keyakinan Maya untuk menggerakkan usaha toko bunga on-line untuk beberapa peminat usaha florist diluar Jakarta. Menurut dia, cukup hanya modal Rp 5, 5 juta saja seorang telah dapat mengawali usaha rangkaian bunga dengan merk sendiri. Stella Florist juga bersedia jadi penyuplai bunga untuk beberapa pemula usaha toko bunga ini.

Seperti Stella Florist, yang awal mulanya mengawali usaha dengan modal kecil sebesar 1 juta rupiah saja. Tetapi, saat ini omzet penjualan usaha toko bunga punya Maya sudah meraih angka 50 juta rupiah per bln.. Omzet sedemikian besar didapat dari bermacam product rangkaian bunga yang disedikan oleh Stella Florist. Dari mulai product rangkaian bunga meja, rangkaian gabungan, rangkaian tinggi, bunga papan, handbouqet, serta dekorasi.

Tiap-tiap product mempunyai peruntukan yang tidak sama. Dari mulai beragam aktivitas seperti kelahiran, lagi th., promosi, perkataan selamat atas usaha baru, dan sebagainya. Harga yang di jual juga begitu variasi serta berbentuk customized, bergantung dari keperluan customer tersebut. Tetapi, harga rangkaian disiapkan Stella Florist dari mulai Rp 500. 000, -.

Sampai saat ini, Stella Florist dibantu oleh 3 orang tenaga kerja dengan kemampuan produksi 15 rangkaian bunga /harinya. Saat alami pesanan yg tidak terduga, Maya juga merekrut pekerja terlepas untuk menolong merangkai bunga pesanan pelanggannya. Stella Florist umumnya kebanjiran pesanan waktu musim pelantikan petinggi kenegaraan, hari raya besar keagamaan, ramainya momentum pernikahan, bahkan juga wafatnya seseorang public profile.

Jangkauan pemasaran Stella Florist sampai sekarang ini sudah meraih lokasi Jabodetabek. Menurut Maya, tiap-tiap bunga mempunyai ketahanan kesegaran dan kerapuhan yang tidak sama, hingga ia membatasi lokasi hantaran. Hal semacam ini ia kerjakan untuk melindungi kwalitas rangkaian bunga produksi Stella Florist, supaya tetaplah baik serta fresh. Argumen ke-2, lantaran lihat keadaan trafik di Jakarta serta sekitarnya yang kurang kondusif. Hingga Maya mesti memerhatikan saat tempuh pengiriman supaya servicenya tetaplah sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *