Indahnya Panorama Sukabumi dari Gunung Sunda – Cuma berjarak sekitaran tiga km. dari Alun-alun Cisaat, tempat Gunung Sunda yang ada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, dalam satu tahun paling akhir makin ramai diperbincangkan warga lokal sebagai tempat wisata kekinian.

panorama sukabumi dari gunung sundaDi sosial media, netizen juga selalu berisik. Terkecuali ada yang sebatas sharing narasi serta mengunggah photo, banyak juga yang merekomendasikan sejawatnya untuk selekasnya bertandang ke tempat yang mulai memperoleh perhatian dari pemerintah daerah ini.

Gunung Sunda memanglah belum semasyhur Gunung Gede. Bahkan juga, bila diukur dari ketinggiannya, Gunung Sunda juga rasa-rasanya kurang pas untuk dimaksud gunung. Tingginya diprediksikan tidak kian lebih 600 mtr. diatas permukaan laut, terpaut jauh dengan ketinggian Gunung Gede yang meraih 2. 815 mdpl. Tetapi, penamaan Gunung Sunda rupanya telah kadung menempel dipikiran warga Sukabumi serta wisatawan daerah lain daripada sebutan Bukit Sunda.

Dengan memakai sepeda motor lewat jalan lintas selatan dari arah Kota Sukabumi, perjalanan lancar menuju tempat cuma ditempuh 30 menit. Sesampainya di tempat, beberapa puluh motor telah berjejer di ruang parkir yang berjarak sekitaran 800 mtr. dari puncak gunung. Sesudah melalui jalan setapak yang cukup bikin napas ngos-ngosan, 15 menit lalu pemandangan Kota/Kabupaten Sukabumi tampak terang dari puncak gunung.

Siang itu, sekitaran jam 13. 00, cuaca di puncak gunung sedang terik. Karena sangat panasnya, sebagian pengunjung pilih sekedar duduk enjoy sembari bercengkerama di saung serta warung yang di bangun warga desa. Tetapi, tidak sedikit juga yang tetaplah ketertarikan untuk berfoto-foto diatas deretan batu kuarsa.

Puncak Gunung Sunda memanglah tidak seluas alun-alun Suryakencana yang ada di Gunung Gede. Gunung Sunda juga belum seterkenal Pantai Palabuhanratu atau Karanghawu yang telah jadi ikon Kabupaten Sukabumi. Tetapi, bila dikelola dengan baik, dengan memercayakan keindahan citylight, sunset, serta sunrise, Gunung Sunda tidak tutup peluang dapat menyaingi kemasyhuran Bukit Moko di Bandung.

Makin sore pengunjung yang datang makin banyak. Sorotan cahaya matahari yang mulai redup bikin situasi di puncak jadi riuh. Sebagian tenda juga mulai terpasang di selama pinggir jalan setapak yang saya lalui untuk menuju pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *