kemasan

Saat mengawali usaha makanan ringan, bikin merk atau label product kerapkali diabaikan oleh beberapa pelaku usaha. Walau sebenarnya, nama product atau yang umumnya lebih kita kenal sebagai merk/brand adalah ujung tombak satu pemasaran product. Saat satu product di pasarkan, serta di terima orang-orang dengan baik, jadi yang bakal diingat pertama kalinya oleh customer yaitu namanya.

Walau demikian, pastinya hal ini dapat mesti ditunjang dengan kwalitas product serta kemampuan rasa dari product makanan ringan. Bahkan juga, sedemikian hebatnya kemampuan satu nama product (merk/brand), jadi saat kita mengulas satu topik, mungkin saja customer juga telah dapat memikirkan product apa yang tengah kita bicarakan. Tersebut yang dimaksud kemampuan positioning product. Yang ditujukan positioning product di sini yaitu deskripsi satu product yang menempel kuat pada merk/brand dipikiran customer. Hingga, bila anda merencanakan bikin usaha makanan ringan, jadi utama sekali memperhitungkan nama merk atau label usaha makanan ringan Anda yang semenarik mungkin saja, seunik mungkin saja.

Dengan bikin merk atau label product, terkecuali sebagai sinyal inginal, merk atau label juga jadi pembeda dari type usaha makanan ringan yang lain. Tak tutup peluang, sekarang ini banyak pelaku usaha lain yang menekuni usaha sama.

BINGUNG CARI IDE BISNIS?

Peroleh Beberapa ratus Inspirasi Usaha Diperlengkapi Dengan Analisis Usaha.
Click Disini

Rencana ATM, Amati Tiru serta Modofikasi mungkin saja dikerjakan oleh orang lain untuk mengikuti keberhasilan usaha Anda. Oleh karenanya, terkecuali nama yang menarik, design paket product juga butuh di perhatikan. Makin unik paket product, mungkin saja hal itu jadi nilai lebih untuk product Anda. Dengan hal itu jadi customer juga semakin lebih gampang mengetahui product makanan ringan Anda lantaran paket product yang Anda punyai miliki ciri khas yg tidak umum.

Dalam paket product, terkecuali bikin merk/label, produsen harus juga mencantumkan tanggal kadaluarsa serta komposisi product dengan cara detil. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya customer tak sangsi dalam konsumsi product anda. Pencantuman komposisi bahan baku terkecuali bermanfaat untuk memberi pendidikan pada customer, akan begitu bermanfaat dalam sistem pengurusan ijin, baik ijin P-IRT, sertifikat HALAL ataupun ijin BPOM.

Banyak hal yang butuh di perhatikan saat bikin merk atau label pada paket product, diantaranya :
1. Bikin Merk Dengan Sablon Plastik

Kelebihan :

Apabila memakai paket plastik bersablon, makanan ringan pastinya lebih aman lantaran tak tercampur segera dengan tinta pada tulisan merk/label. Diluar itu penampilan semakin lebih rapi serta menarik dengan bermacam design gambar atau tulisan yang tampak terang pada paket.

Kekurangan :

Dari sisi harga, paket plastik bersablon relatif lebih mahal dengan kisaran harga sekitaran Rp 100 hingga Rp 300 per lembar. Walau sebenarnya, untuk usaha makanan ringan diperlukan beberapa ratus sampai beberapa ribu paket /harinya. Bila penjualan anda belum optimal, hal semacam ini pasti bakal jadi beban sendiri untuk cost promosi.
2. Bikin Merk Dengan Bikin Kertas

Kelebihan :

Paket dalam label kertas harga nya lebih murah. Umpamanya anda memakai label kertas memiliki ukuran 5cm x 4, 5 cm untuk paket makanan ringan per 100 gr, cost yang diperlukan cuma Rp 4, -. Dengan perhitungan 1 lembar HVS membuahkan 20 lembar kertas label ukuran 5×4, 5 ; satu rim kertas HVS isi 500 lembar (20×500 = 10. 000 lembar). Sedang cost bikin + beli kertas 1 rim = Rp 40. 000. Perhitungannya tinggal dibagi saja, yakni Rp 40. 000 : Rp 10. 000 lembar = Rp 4, -/lembar.

Kekurangan :

Bila makanan ringan yang di produksi memiliki kandungan minyak, label kertas bakal luntur. Dari sisi kesehatan hal semacam ini pastinya bakal merugikan customer. Sistem perijinannya juga bakal alami kesusahan lantaran dibawah standard keamanan product makanan. Namun ada jalan keluar yang lain, yakni masukan kertas label kedalam plastik kecil terlebih dulu, hingga tak bercampur segera dengan product makanan ringan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *