gudeg-surabaya

Saat traveling ke Jogja, pernah memikirkan misal saja ada gudeg yang enak di Surabaya. Maklum Yogyakarta sebagai ‘surga’nya gudeg, jadi pasti tak mudah mencari gudeg di Surabaya dengan patokan yang seenak di Jogja. Style’nya sendiri juga telah sedikit dirubah, lebih sesuai dengan orang Surabaya yang lebih sukai asin daripada manis.

Terdapat banyak jenis gudeg di Surabaya yang telah dicoba penulis, namun tak semua pas, kembali pada selera semasing orang yah. Kombinasi gudeg terkecuali gudegnya sendiri yakni sambal goreng krecek atau cecek, telur bacem, ayam suwir dengan sedikit kuah opor, serta sambal. Berikut ini cobalah saya daftar TOP 3 gudeg di Surabaya versus penulis yang menurut selera saya ter-enak di Surabaya, semuanya miliki kekhasan semasing.

Gudeg di Surabaya

Gudeg Dupa

Maaf jika salah sebut, saya sendiri masihlah bingung pada krecek dengan cecek ini. Jika tidak salah menurut rekan dari Jogja, krecek itu sambal goreng kerupuk rambak dari kulit sapi, sedang cecek itu dari kulit sapi segera yg tidak jadikan kerupuk, jadi lebih merasa kenyal.

Gudeg Dupa di daerah Dukuh Pakis Surabaya adalah berlangganan saya mulai sejak dahulu & tiap-tiap kesini senantiasa makan nasi gudeg & ayam panggangnya yang enak banget. Walau populer dengan nama gado-gado Dupa, namun gudeg ini begitu direferensikan menurut saya, serta terlebih sambal goreng krecek atau cecek’nya yang besar dengan tingkat kepedasan yang sesuai sama selera saya.

Harga per jumlah : belum pernah bertanya, namun saat saya makan disana keseluruhan Rp. 22. 000, – untuk 1 jumlah gudeg telur dengan es beras kencur.
Gudeg di Surabaya

Gudeg Bu Harman

Jika gudeg bu Harman di Waru, Pepelegi ini yang paling saya sukai rasa gudeg’nya. Rasa manis yang cocok, dengan tingkat keempukan gudeg berbahan nangka muda yang cukup lembut namun tidaklah sampai sangat empuk, pas dengan selera saya.

Harga per jumlah : maaf lagi-lagi tak mengingat harga nya, namun jika tak salah pada Rp. 15-20 ribu..
Gudeg di Surabaya

Gudeg Bu Toegijo

1 jumlah nasi gudeg suwir hanya Rp. 17 ribu saja, cukup enak, murah & terlebih porsinya banyaaak! Lokasi yang cocok di berencana kota daerah Kertajaya, serta nyatanya nasi gudeg bu Toegijo ini telah ada mulai sejak th. 1970 lhoo. Terkecuali nasi gudeg banyak juga ada menu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *